Jon Jost, Pembuat Film Independen – Pendahuluan

Jon Jost, pembuat film independen’ Film-film awal

 

1′ Pendahuluan

 

Jon Jost, sutradara ‘Sure Fire’ (2002) dan ‘All the Vermeers in New York’ (2002), mulai menciptakan film di awal 1960-an’ Film-filmnya, yang ia buat secara berdikari dan dengan anggaran rendah, memperlihatkan imajinasi kreatif dan keseriusan tujuan yang membuatnya mendapat kawasan penting dalam sejarah sinema independen Amerika’

 

Jost menciptakan film pertamanya pada tahun 1963 ketika ia berusia sembilan belas tahun, dan menggambarkan dirinya sebagai

telah: ‘Bocah campuran, terasing dari keluarga dan budaya saya’’ * Pada tahun 1964 ia ditangkap lantaran draf penghindaran, dan kemudian menghabiskan 27 bulan di penjara’ Dia menyampaikan bahwa sebelum pergi ke penjara beliau menganggap dirinya seorang seniman, tetapi penjara itu ialah ‘tamparan di wajah’ yang memberinya hak moral untuk membuka mulut’ Dia muncul tidak kurang sebagai seniman, tetapi dengan tujuan yang besar lengan berkuasa yang memberikan potensi dan validitas karyanya sebagai komentar pada masyarakat Layarkaca21

 

Tujuannya terang-terangan politis dalam beberapa film awalnya, targetnya ialah kapitalisme korporat Amerika, dan keterlibatan Amerika di Vietnam’ Tetapi penyebaran propaganda tidak pernah menjadi perhatiannya, dan pernyataan-pernyataan politik yang terperinci surut ke latar belakang ketika pekerjaannya berkembang’ Dapat dikatakan bahwa politik ialah cuilan dari pertanyaan radikalnya ihwal kehidupan individu dan sosial kita, atau bahwa pemeriksaannya terhadap kehidupan kita ialah cuilan dari politiknya; Apa pun definisinya ihwal apa yang politis begitu luas sampai meliputi semua, dan lantaran itu, sambil mengakui sub-teks politik yang besar lengan berkuasa untuk semua karyanya, sepertinya lebih baik melupakan label dan berkonsentrasi pada apa yang bersama-sama dikatakan oleh film-film tersebut’

 

Output Jost selama periode yang dipertimbangkan turun menjadi dua tahap: dari tahun 1963 sampai 1975, ketika ia menciptakan sejumlah besar celana pendek dan fitur ‘Speaking Directly’, dan dari tahun 1976 sampai 1983, di mana ketika itu ia fokus hampir seluruhnya pada film-film layar lebar’ ‘ Esai ini tidak dimaksudkan sebagai laporan komprehensif dari semua film Jost’ Sebaliknya, ini ialah pembacaan selektif dan eksklusif dari badan besar dan kompleks yang terbuka untuk banyak tingkat interpretasi’ Saya berniat untuk menentukan beberapa tema dan metode utama yang dieksplorasi di celana pendek awal, kemudian melanjutkan untuk mengusut fitur pertama, berharap untuk memperlihatkan bagaimana landasan awal memberikan fondasi dari mana Jost diluncurkan ke dalam potretnya yang menarik dan mengganggu kehidupan kontemporer’ ‘

 

Walaupun sulit untuk menggeneralisasi ihwal pekerjaan yang beraneka ragam ibarat pekerjaan Jost, sanggup dikatakan bahwa dalam periode yang sedang dipertimbangkan, muncul tiga keprihatinan berlebihan: Untuk berkomunikasi dengan kami melalui film, untuk berkomunikasi dengan kami ihwal film, dan untuk memperlihatkan wawasan ihwal masyarakat dan kehidupan beberapa individu’

 

Sebuah adegan pendek dari ‘1, 2, 3, Four’ (1968-70) berfungsi sebagai pengantar yang baik untuk perhatian Jost dengan kemungkinan komunikasi melalui film:

 

“Kamera bergerak dari kiri ke kanan, mengungkapkan empat orang’ Yang pertama memegang buku terbuka di telapak tangannya sambil menatap kami’ Yang kedua memperlihatkan kita semangkuk makanan’ Lampu ketiga menyala’ Film keempat kita dengan kamera film’ ‘

 

Mungkin hal pertama yang perlu diperhatikan ialah bahwa adegan itu tidak jelas, kita harus ‘membacanya’, dan ini ialah karakteristik dari semua karya Jost’ Kita tidak bisa, ibarat yang kita lakukan dengan film-film konvensional, duduk dengan pasif dan membiarkan gambar-gambar itu menuangkan artinya kepada kita; Kita harus berpartisipasi, dan melalui partisipasi aktif inilah komunikasi nyata terjadi antara Jost dan masing-masing anggota audiensi’

 

Salah satu kemungkinan bacaan urutannya adalah: (1) Saya punya beberapa ilham untuk dikomunikasikan kepada Anda, (2) Saya telah meletakkan ide-ide itu dalam bentuk faktual (gadis itu memegang mangkuk di posisi yang sama dengan laki-laki memegang buku itu) untuk memberi Anda makanan, (3) Saya perlu sarana untuk menarik perhatian Anda sebelum saya sanggup berkomunikasi, (4) Itu sebabnya saya menciptakan film’

 

Jadi adegan itu sanggup dibaca sebagai pernyataan niat oleh Jost; beliau ingin kita tahu persis apa yang beliau lakukan dan mengapa’ Kualitas Brecht ini konstan dalam karyanya, dan melayani tujuan mengalihkan perhatian kita menjauh dari film dan ke realitas kehidupan kita’

 

Penting bahwa, dengan angka keempat dalam urutan, Jost memfilmkan kamera film cine, sebagai investigasi bersahabat dari apa film itu, dan bagaimana ia memberikan makna kepada penonton, ialah fitur mayoritas dari karya awalnya, dan Tema yang dieksplorasi pada tingkat paling fundamental dalam film pendeknya ‘Traps’ (1967)’

 

* Semua kutipan, dari film dan wawancara, ialah asumsi yang diambil dari catatan yang dibentuk segera sesudah menonton film’

Sumber